Seperti yang kita tahu bahwa jengkol merupakan salah satu jenis makanan favorit orang Indonesia karena rasanya yang sangat unik dan juga sangat lezat. Olahan dari jengkol biasanya dibuat menjadi 2 jenis yang terbilang paling umum yaitu jengkol balado dan juga semur jengkol.

Akan tetapi jengkol sudah bisa dikreasikan menjadi menu lain seperti rendang jengkol, sambal goreng jengkol, gulai jengkol dan lain sebagainya yang tidak kalah lezatnya. Selain jengkol memiliki rasa yang lezat, jengkol juga memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang cukup tinggi yang mana diantaranya Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, zat besi, protein, fosfor dan lain sebagainya.

Banyak orang awam di luar sansa yang masih belum penrah merasaksan nikmatnya jengkol. Karena stigma negative tentang jengkol sudah banyak menyebar dan di kenal dengan masyarakat luas. Ada yang suka dan juga ada banyak yang tidak suka.

Namun apabila jengkol di masak dengan baik dan benar maka jengkol akan dapat di hidangkan dengan nikmat. Berikut ini beberapa tips dan trik di dalam memilih dan memasak jengkol supaya nikmat sasat di hidangkan.

Memilih jengkol yang tepat

Di dalam mendapatkan olahan jengkol yang sempurna nantinya tentu saja pemilihan jengkol yang sudah tua adalah hal yang penting.

Perlu diperhatikan juga terhadap sisi-sisi jengkolnya, sudah berlubang atau belum karena Terkadang jengkol yang sudah tua ini sudah membusuk. Jadi, pilihlah yang sudah tua dan benar-benar bagus teksturnya.

Merendam jengkol sebelum diolah

Yang kedua ini juga merupakan tips yang sangat penting. Jangan lupa untuk merendam jengkol dengan air terlebih dahulu selama 6 hingga 12 jamlamanya.

Hal ini tentu saja memiliki tujuan. Yakni adengan merendam jengkol akan membantu mengurangi bau tidak sedap pada jengkol. Pada saat proses perendaman alangkah baiknya gunakanlah air es atau air kapur sirih. Tenang saja, cara ini tidak akan mengurangi kenikmatan jengkol kok.

Merebus jengkol

Apabila anda telah merendam jegkol selama 6 hingga 12 jam namun masih menemui aroma yang tidak enak, tentu saja anda bisa menggunakan cara ini. Caranya dengan merebusnya, akan tetapi perlu di ingat bahwa di dalam merebus jengkol jangan lama-lama.

Proses memasak yang tepat

Nah pada saat mengolah jengkol harus diusahakan untuk tidak terlalu matang memasaknya karena masak yang terlalu matang dapat membuat jengkol mudah hancur ketika dipipihkan. Proses pemipihan jengkol bertujuan agar bumbu lebih meresap sempurna ke dalam jengkol.

Jangan lupa untuk selalu berkumur dan juga gosok gigi setelah mengkonsumsi jengkol supaya nafas harum dan kembali fresh.

Sumber : kreasisasa.com