Tahukah anda bahwa sayur mayor merupakan salah satu bahan makanan yang memiliki gizi yang sangat tinggi. Salah satu sayuran yang memiliki protein nabati yang tinggi adalah sayur oyong. Sayur oyong dapat di masak menjadi berbagai macam masakan.

Sebelum membuat sayur oyong menjadi masakan yang enak di hidangkan tentu saja sayur oyong harus di olah terlebih dahulu untuk menghilangkan rasa pahit dari sayur oyong. Berikut ini tipsnya :

1. Pilih oyong yang muda

Pilihlah sayur oyong muda yang bisa dilihat dari warna kulitnya yang hijau cerah, jangan lupa untuk memastikan kulitnya bersih tanpa bercak. Karena terlihat bercak berarti menandakan sayur tersebut tidak lagi muda dan rasanya cenderung pahit.

2. Cuci bersih sebelum mengupas

Yang paling penting anda jangan sampai lupa untuk mencuci bersih sayur oyong sebelum mengupasnya supaya rasa pahit dari kulit tidak masuk sampai kedalam

3. Kupas bagian kulit keras

Kupas bagian kulit yang terlihat menonjol dan juga terlihat kasar. Untuk memudahkan anda di dalam mengupasnya, maka anda bisa mengggunakan pisau yang tepat untuk mengupas sayuran.

Apabila sayuran masih muda, anda juga bisa menggunakan bijinya yang terasa manis dan lunak ketika dimasak.

4. Masukkan di akhir

Meskipun sayur oyong memiliki tekstur kulit yang keras, daging gambas bertekstur lunak sehingga tidak heran jika sayur ini cepat lembut saat dimasak.

Bisa-bisa hancur menyerupai bubur, lalu masukkan gambas di akhir proses memasak sebelum kamu mematikan kompor. Hal tersebut bertujuan supaya daging lembut sempurna tapi tidak hancur.

5. Simpan di suhu ruang

Nah untuk memastikan sayur oyong tetap segar maka pastikan untuk menyimpannya di dalam suhu ruangan yang segar sehingga sayur akan tetap terlihat bagus dan segar untuk di olah.

Sumber : masakapahariini.com