Ketika sedang jalan-jalan di sekitar pohon pisang pasti kita sering kali melihat benda yang berwarna merah di atas pohon pisang tersebut. Itulah yang disebut dengan jantung pisang, jantung pisa di olah dan di buat menjadi masakan tumis yang nikmat.

Selain itu juga bahwa jantung pisang memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi diantaranya: Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin C, protein, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor, dan juga zat besi.

Berikut ini adalah cara-cara yang dapat anda gunakan di dalam mengolah jantung pisang, mari simak baik-baik.

Pilih jantung pisang tertentu

Yang bisa anda lakukan pertama kali yakni memilih jantung pisang dari jenis tertentu, seperti pisang kepok ataupun pisang klutuk karena hanya jantung pisang jenis inilah yang direkomendasikan untuk memasak tumis jantung pisang.

Buang kelopak luar yang tua

Setelah anda menemukan jenis jantung pisang yang sesuai, lalu tahap selanjutnya yaitu dengan membuang bagian kelopak terluarnya yang tua, kupas hingga jantung pisang berwarna putih kecoklatan supaya memperoleh tumisan yang tidak alot dan sepat.

Rebus jantung pisang hingga empuk

supaya jantung pisang terasa lebih empuk saat di makan, anda bisa merebusnya terlebih dahulu sebelum di tumis lalu tambahkan sedikit garam ke dalam air rebusan supaya getah dari jantung pisang dapat dinetralkan

Peras jantung pisang

Yang wajib anda ketahui bahwa jantung pisang memiliki rasa yang asam, oleh karena itu setelah direbus anda bisa mendiamkannya sebentar hingga dingin, kemudian peras airnya hingga rasa sepat pda jantung pisang hilang.

Iris-iris kecil

Setelah jantung pisang diperas, lalu potonglah jantung pisang tipis-tipis supaya lebih mudah untuk ditumis.

Olah menjadi tumisan

Apabila anda telah mencoba semua tips di atas lalu jantung pisang siap untuk ditumis. Gunakan bumbu-bumbu khusus untuk tumisan seperti bawang merah, bawang putih dan cabai.