5 Kesalahan Fatal dan Paling Umum saat Memasak Nasi

Posted on

Tahukah anda bahwa di dalam memasak nasi memang terlihat sederhana, namun tahukah anda bahwa dengan memasan nasi menggunakan takaran yang pas dan tepat akan membuat nasi terasa lebih enak dan juga pulen.

Okelah berikut ini akan saya berikan beberapa informasi seputar kesalahan yang paling umum pada saat memasak nasi. Oke langsung sajsa ini dia penjelasannya :

Loading...

1. Takaran air tidak pas

Nah yang pertama adalah Kekurangan air bisa membuat nasi keras, sedangkan karena terlalu banyak air membuatnya lembek seperti bubur.

Maka pada saat menanak nasi aturlah takaran nasi yang tepat sehingga nasi tidak menjadi bubur dan juga enak di hidangkan.

2. Memperlakukan semua jenis beras sama 

Nah yang ini yang sering kali menjadi masalah pada saat menanak nasi, yakni menganggap bahwa jenis beras sama saja padahal seperti yang kita tahu bahwa jenis beras berbeda beda dan jangan di samakan. Setipa beras perlakuannya berbeda.

3. Tidak mencuci beras

“Alih-alih merendam beras setelah pembilasan keempat, tiriskan, dan biarkan beristirahat di saringan selama satu jam sebelum dimasak. Ini menghasilkan nasi yang dimasak dengan kuat, yang sangat cocok untuk dimakan dengan saus cuka,” kata seorang ahli kuliner Jepang dan instruktur Hiroko Shimbo dalam bukunya “The Japanese Kitchen.”

4. Mengintip nasi saat dimasak

Pada saat memasak dengan menggunakan rice cooker kebanyakan dari kita mengintipnya hingga jadi, padahal kebiasaan mengintip nasi adalah hal yang sangat dilarang, karena dapat menghambat nasi untuk matang dan kematangan nasi menjadi kurang maksimal.

5. Suhu terlalu tinggi

Nah tahukah anda bahwa di dalam memasak tidak direkomendasikan untuk menggunakan suhu yang terlalu tinggi, meskipun di luanya sudah terlihat lunak namun di dalamnya masih keras

Sumber : TEMPO.CO


BACA ARTIKEL LAINNYA
Loading...